Senin, 18 Januari 2016

Ulul Mukmin, S.Pd. foto diambil pasca sidang Skripsi 

seorang anak muda asli Tegal putra bungsu dari pasangan Harun-Khasanah ini adalah anak keempat dari empat bersaudara. Menghabiskan masa kecilnya sebagai anak desa pada umumnya, tetapi memiliki cita-cita sebagai seorang menteri pendidikan. Lahir dari keluarga yang serba pas-pasan tak membuat semangatnya untuk terus bersekolah surut, berkat perjuangannya ia mampu melanjutkan sampai ke jenjang sekolah menengah atas. Keinginan untuk terus belajar akhirnya terkabul berkat beasiswa bidikmisi yang diterimanya sampai melabuhkan pilihannya pada Universitas Negeri Semarang pada Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, alasanya karena ia ingin menyelami keilmuan dunia pendidikan dan perpolitikan.

Semasa menjadi mahasiswa ia aktif di berbagai organisasi intra kampus. Mengawali perjalanan organisasi sebagai Kordinator Bidikmisi Mahasiswa Jurusan Politik dan Kewargenaraan 2011, staff  Kastrat BEM FIS Unnes 2012, akhirnya dipercaya memikul amanah sebagai Ketua HIMA PKn 2013, Ketua BEM FIS 2014 dan diakhir masa mahasiswanya dipercaya sebagai Menteri Koordinator Sosial Politik BEM KM Unnes 2015. Berkat pengalamannya menjadikan dia beberapa kali mengisi materi pelatihan kepemimpinan. Dalam bidang kompetisi pernah menjadi Finalis Lingart Essay Competition 2013, 4 Besar Debat Politik Mahasiswa Jateng-DIY 2015. Baginya menulis adalah bagian belajar. Karena ia percaya pada ungkapan yang mengatakan bahwa” jika ilmu adalah binatang buas, maka tulisan adalah pengikatnya”.


Beberapa pengabdian yang pernah dilakukan yaitu melakukan Pendidikan Pemilih Pemilu 2014 bersama Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) di Kabupaten Tegal tahun 2014, Pendidikan Politik dan Anti Korupsi (POLAK) di Kabupaten Cilacap tahun 2014, Pendidikan Anti Korupsi, Revitalisasi dan Reaktualisasi Pancasila di Kabupaten Batang tahun 2014. Meskipun aktif di berbagai kegiatan namun performa akademiknya tetap stabil dibuktikan dengan lulus tepat waktu serta lulus dengan predikat “dengan pujian” tahun 2015 yang mengantarkannya menjadi lulusan terbaik kedua Jurusan PKn Wisuda Periode III tahun 2015. Saat ini yang bersangkutan aktif sebagai Guru PPKn di SMA swasta bertaraf Internasional di Semarang.

0 komentar: