Minggu, 24 Januari 2016

Foto Awal Kuliah

Kejarlah mimpimu. Ingat kata bung Karno, “Bermimpilah setinggi langit, apabila kau jatuh kau berada diantara bintang-bintang.”

Bagi para siswa SMA yang baru lulus, hampir bisa dipastikan menginginkan melanjutkan kuliah atau belajar di perguruan-perguruan tinggi negeri di Indonesia. Bahkan, ada yang rela mengeluarkan “kocek” maksimal agar bisa masuk perguruan tinggi favoritnya.

Berikut ini, kontributor WARUNGIMPIAN.BLOGSPOT.COM akan berbagi tips dalam masuk Perguruan Tinggi Negeri:

Pertama, Jika kamu tidak masuk dalam daftar SNMPTN Undangan cobalah tips mengikuti intensif bimbingan belajar yang disedikan oleh lembaga-lembaga belajar. Dengan mengikuti intensif bimbel harapannya belajar bisa lebih efektif dan tetap termanage dengan baik.

Kedua, cobalah mencari soal-soal SNMPTN sebelumnya bisa via e-book atau apapun bentuknya dan berlatihlah, karena soal yang dikeluarkan biasanya tidak jauh-jauh dari soal-soal tahun sebelumnya dengan beberapa variasi tentunya. Kemudian, perbanyaklah latihan soal dari soal-soal yang telah kawan-kawan kumpulkan.

Ketiga, tetaplah konsisten terhadap langkah-langkah tersebut, dan janganlah mencoba-coba mencari “joki” atau membayar kursi khusus. Selain itu, cobalah pilih prodi yang benar-benar kalian bisa diterima di dalamnya. Misalnya, memilih prodi-prodi dengan peminat yang sedikit atau jarang, kesempatan kamu diterima akan sangat tinggi.

Keempat, jika kamu masuk dalam SNMPTN Undangan, maka kamu coba cek tradisi sekolahmu. Apakah setiap tahun sekolahmu ada yang diterima di PTN yang kalian tuju itu. Jika tidak, tidak masalah apabila kalian percaya diri dengan nilai kalian.

Kelima, perhatikan data dan cluster jurusan atau program studi, dari dua pilihan program studi yang disediakan, sebaiknya kamu memilih cluster jurusan yang sama atau linier. Apabila pendidikan ya pendidikan semua, apabila sosial ya sosial semua. Misalnya, kamu jangan memilih pilihan I: Pendidikan PKn, Pilihan II: Pendidikan Matematika. Nanti universitas yang kalian tuju kemungkinan akan beranggapan kamu cuma coba-coba saja, karena tidak jelas kamu maunya apa.

Keenam, ukur kemampuan diri kamu. Jika telah menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan, cobalah untuk mengukur diri. Bandingkan kemampaun diri masing-masing dengan kualitas pilihan kita. Jika merasa memang bisa, maka lanjutkan. Namun ada baiknya untuk mempertimbangkan faktor lain, seperti banyaknya peminat yang akan menjadi pesaing kita dalam pendaftaran, atau passing grade jurusan. Jangan terlalu percaya diri dengan membidik target yang tinggi, tapi juga jangan terlalu rendah diri.

Ketujuh, tetaplah berdoa. Tuhan pasti membantu hamba-Nya yang sering meminta pertolongan kepadanya. Maka dekatkanlah diri anda kepada Tuhan. Mungkin kamu tidak percaya apakah kemampuan anda cukup mampu meraih target kamu itu. Namun jangan pernah ragu pada Allah, karena menjadikan kamu salah satu anak yang masuk ke perguruan tinggi idamanmu. Itu adalah hal yang amat sangat kecil bagi Tuhan yang Maha Kuasa.




Categories:

0 komentar: