Minggu, 24 Januari 2016

Pemimpin
Sebelum membedah lebih dalam tentang makna ke(pemimpin)an maka penulis akan menyampaikan terlebih dahulu pemahaman penulis tentang makna pemimpin yang merupakan kata penyusun dari kepemimpinan. Secara  sederhana pemimpin dapat diartikan sebagai orang yang mampu memimpin. Pandangan lain juga menyebutkan pemimpin merupakan seseorang yang memiliki kecakapan dan kelebihan khusus guna mengelola anggota demi mencapai tujuan bersama.

Namun, secara sederhana penulis menyampaikan bahwa pemimpin adalah pemimpi yang memiliki nilai beda, atau bisa dituliskan dengan rumus “pemimpin=pemimpi+(n)”. Makna “n” disini merupakan nilai beda yang ditunjukan oleh orang-orang yang memiliki jiwa pemimpin. Misalnya nilai beda pertama ialah pemimpin memiliki ide-ide yang cemerlang, dan memiliki ketangguhan serta keberanian yang kuat guna mewujudkan ide tersebut. Kedua, pemimpin senang mendengarkan kritik dan saran dan melakukan perbaikan-perbaikan yang seginifikan terhadap ide-ide yang telah dituangkan. Selain itu tentu masih banyak lagi, yang jelas setiap orang lahir dengan kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pemimpi dan pemimpin. Namun, untuk memperoleh nilai beda (n) perlu proses, pengalaman, kegagalan, kesusksesan, kearifan, dan kerendahan hati.


Kepemimpinan
Berbicara soal berarti berbicara tentang bagaiamana gaya memimpin seseorang guna mencapai sebuah tujuan (red: organisasi). Kepemimpinan secara sederhana dapat diperoleh melalui proses pembelajaran panjang dari seseorang. Oleh sebab itu, guna mempelajari kepemimpinan secara sederhana dapat dilakukan dengan praktik langsung di lapangan, sebut saja melalui games, outbond, training, dinamika kelompok, atau bahkan diskusi sederhana. Yuk mari bermain dan temukan nilai bedamu serta jiwa-jiwa kepemimpinanmu!


0 komentar: