Minggu, 24 Januari 2016


 
Foto Membangun Kebiasaan Diskusi dalam Acara Kawan Kita
Kebiasaan merupakan kegiatan yang sering kita lakukan dan terus menerus kita lakukan sebagai sesuatu yang lumrah menurut kita. Melakukan sesuatu yang bukan kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari memanglah sulit dan bahkan hampir -hampir kita malas sekali mengerjakannya. Suatu ketika saat kita ditanya seseorang apa kebiasaan kalian? Rata-rata kalian menjawab apa yang menjadi kebutuhan kita sehari-hari adalah suatu kebiasaan, mengapa demikian? Jawabannya sederhana karena kebutuhan yang selalu kita butuhkan itu kita lakukan setiap saat. Seperti contoh membaca, menulis, mandi, makan, dll. Harusnya kita mengubah semua itu sebagai sebuah kebutuhan yang memang kita butuhkan setiap saat ketika kita membutuhkan hal itu, suatu ketika saat kita mampu menempatkan hal itu menjadi sebuah kebutuhan kita akan memperoleh manfaat dan kaidah yang sebenaranya dapat kita peroleh dari semua itu. Sebagai contoh ketika kita menempatkan makan sebagai kebiasaan maka setiap saat pula kebiasaan tersebut itu bisa hilang berdasarkan perkembangan jaman.

Apakah kita mau terus terbelenggu dalam hal sama? Diatas merupakan hal positif yang kita dapat ambil. Selain itu kita dapat mencari sumber lain diantara semua itu. Suatu saat kita akan mengerti sesuatu pasti memiliki dampak baik itu positif maupun negatif dalam kehidupan sehari-hari kita. Baik itu kebiasaan kita yang selama ini kita lakukan, bail itu kebiasaan yang berkonotasi positif dan kebiasaan yang berkonotasi negatif.

Suatu ketika  kita akan bisa memulai sesuatu yang bukan merupakan kebiasaan kita dangan mengubah semua itu dalam suatu perubahan hidup. Memanglah itu tidak semudah kita membalikan telapak tangan. Melainkan kita dapat berusaha karena kewajiban kita berusaha dan mencoba. Ketika kita lahir apa kebiasaan kita ? menangis? Semakin dewasa apa kita masih menangis? Masih, tapi tak sesering saat kita masih bayi (red: hehe).


Dari semua itu diperoleh yang utama ialah dimana kita harus mencoba semua itu, rubahlah kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan menjadi sebuah perkembangan menuju orientasi yang lebih positif.

“Tidak ada salahnya untuk mencoba, tapi tidak untuk mencoba yang salah”


0 komentar: