Minggu, 24 Januari 2016

Ya, dinamika kehidupan adalah keniscayaan. Menampikan perubahan itu sebuah kesalahan, oleh sebab itu kita harus bertarung dengan karya-karya besar kita. Dalam hidup ini kita memang dituntut untuk selalu dilematis karena kita hidup diantara triliunan pilihan, mulai drai memilih jodoh, memilih pekerjaan, memilih jalan kehidupan, dan lain sebagainya. Terlalu banyak pikiran bikin bingung ! kata sapa ! karena sesungguhnya dari banyak pilihan tersebut yang wajib kita coba ialah berkarya. Apa fungsi berkarya dalam hidup ini Cuma satu jawabannya ! ya Kaya. Dalam pengalaman hidup ini saya memang belum kaya sacara lahiriah, dan belumlah saya pantas berbicara soal kaya. Namun kaya dalam hal ini ialah kaya karena karya karena Berkarya adalah ibadah, bila di-niat-kan demikian, jadikan berkarya adalah aktivitas ibadah, dalam arti memberi manfaat atau kemaslahatan lebih luas.


Suatu hari saya pernah membuktikannya, dan kali ini saya akan berbagi suatu kisah sederhana dari saya. Ketika dulu saya belum pernah berkarya rasanya menulis dan bermanfaat bagi orang lain itu sangat susah dan kurang dihargai. Mungkin itu hanya anggapan semata karena sebenarnya ketika kita mampu menempatkan diri kita dalam suatu kondisi yang relevan dengan sosial kemasyarakatan yang ada kita pasti akan mendapatkan yang namanya kesempatan ntuk berkarya. ketika dalam beberapa kegiatan diminta untuk menunjukan kekompakannya, sambil menempelkan kedua tangan di dada ketika mengucapkan "mengabdi" dan membuka kedua tangan ketika mengucapkan "berkarya" yang bermakna bermakna mengabdi dengan hati dan berkarya dangan perbuatan nyata. Hal itulah mindset yang harus kita jalankan.

Alhamdulillah dengan berkarya saya sudah mampu menulis essai kisah anti korupsi dan masuk diantara 10 finalis yang masuk kebabak final presentation. Bukan kemenangan yang saya dapatkan namun sebuah kepuasan batin bahwa ini langkah awal berkarya akan mengantarkan kita kaya.


So, rekan berkaraya adalah sebuah cara pandang kepemimpinan yang melihat "the big social change" dan berkarya adalah bagaimana sesorang memberikan presepsi, kontribusi dan sumbangsihnya pada sebuah tujuan. Merubah mindset dan cara berpikir berkarya biar kaya adalah hal yang paling mengasikan. berkarya" adalah sebuah ruang yang diperuntukkan bagi orang yang ingin maju dan berwawasan.



0 komentar: